follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

20+ Plugin Wordpress Yang Paling Penting Bagi Website

Plugin Wordpress Penting
Artikel ini merupakan bagian BAB 3 yang membahas mengenai Setting website, install plugin dan themes dari series panduan Cara Membuat Website Profesional Sendiri Khusus Untuk Pemula

Wordpress merupakan CMS website yang paling populer dan banyak digunakan saat ini, sebab Wordpress dapat digunakan secara gratis karena bersifat open source.

Sifat open source inilah yang lantas mendorong banyak developer untuk ikut berkontribusi mengembangkannya, dengan menciptakan berbagai plugin gratis yang tersedia secara bebas.

Namun dari jumlah ribuan plugin Wordpress yang diciptakan oleh para developer itu tidaklah semua memiliki fungsi yang dibutuhkan untuk sebuah website, karena memang memilih menginstal plugin itu tergantung disesuaikan dengan kebutuhan website.

Sehingga tahapan memilih plugin mana yang harus di Install untuk sebuah website itu dapat dibilang sangat penting. Jangan asal memilih dan menginstal plugin, sebab cukup banyak plugin yang tidak aman. Sebaiknya pilihlah plugin yang dibuat oleh developer ternama dan memang plugin tersebut telah banyak diinstal, dengan begitu keamanan plugin dapat dipastikan lebih terjamin.

Plugin Penting Untuk Website Wordpress

Berikut ini saya bagikan beberapa plugin penting wordpress yang banyak direkomendasikan dan digunakan :

Akismet

Plugin Akismet akan melindungi website dari serangan komentar spammer yang sangat sering kita jumpai. Plugin ini bekerja secara otomatis dengan memblokir setiap komentar spam yang masuk.

Yoast WordPress SEO

Plugin Yoast WordPress SEO berguna untuk mengoptimasi wordpress melalui SEO Onpage, dan bertujuan agar website mampu memenangkan peringkat di search engine.

All In One SEO Pack

Plugin All In One SEO Pack ini memiliki fungsi yang sama dengan Yoast WordPress SEO. Anda dapat memilih menggunakan Yoast atau All in One SEO.

Jetpack

Jetpack plugin memiliki banyak pilihan berupa sub plugin dengan berbagai fungsi, antara lain sub plugin untuk statistik web, subscribe, rss, sosial media, pubilicize dan masih banyak lagi yang lainnya. Plugin Jetpack ini bisa dibilang merupakan multi plugin.

Plugin Jetpack

W3 Total Cache

Plugin W3 Total Cache berfungsi untuk menambah kecepatan akses website bagi pengunjung website. Cara kerjanya dengan memanfaatkan chace pada browser sehingga browser menjadi lebih cepat ketika sebelumnya pernah mengakses website anda. Dengan begitu maka file yang sering dibuka bisa di cache untuk mengurangi request ke server. Plugin W3 Total Cache ini sangat direkomendasikan oleh penyedia hosting Host Gator, DreamHost dan Go Daddy.


Plugin W3 Total Cache

WP Super Cache

Sama halnya dengan W3 Total Cache, plugin WP Super Cache juga berguna untuk menyimpan cache pada browser sehingga mempercepat akses halaman website. Namun konfigurasi WP Super Cache ini jauh lebih mudah dibanding W3 Total Cache, sehingga WP Super Cache sangat cocok untuk pemula. Anda bisa memilih salah satu diantara keduanya.

plugin WP Super Cache

WordPress Gzip Compression

Berguna untuk mengkompresi ukuran file di wordpress secara otomatis, sehingga website dapat menjadi lebih ringan dan dimuat lebih cepat

Contact Form 7

Contact Form 7 sudah sangat populer digunakan untuk membuat halaman kontak di wordpress sejak lama. Nantinya kontak form ini bisa dikostumasi sesuai keinginan.

Google XML Sitemap

Plugin Google XML Sitemap akan membantu website untuk memiliki sitemap yang SEO. Hal ini akan membantu search engine dalam mengcrawl posting dan halaman website anda.

WP Smush.it

Plugin WP Smush.it ini berfungsi untuk melakukan kompresi file gambar sehingga ukurannya menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambar, sehingga akses website bisa lebih cepat dan meringankan beban hosting.

AddThis Social Sharing

Plugin AddThis berguna untuk memasang tombol share social media di website / blog.

Disqus Comment System

Plugin Disqus bisa menjadi alternatif tepat untuk mengganti form komentar default pada wordpress. Form komentar Disqus ini lebih aman, dan bisa langsung terhubung dengan social media google plus, twitter dan facebook.

Backup WordPress

Plugin ini dapat menyelamatkan data-data penting website dengan cara melakukan backup wordpress. Backup setidaknya tiap 2 minggu agar website aman ketika suatu saat mengalami masalah seperti server rusak atau di hack.

LinkWithin

Linkwithin berguna untuk menampilkan kolom postingan terkait, sehingga mampu mengecilkan bounce rate sebuah website.

Revslider

Plugin ini berfungsi jika anda ingin membuat slider (gambar bergeser saat menampilkan dari 1 gambar ke gambar lain). 

Yoast Google Analytics For WordPress

Plugin Yoast Google Analytics For WordPress berfungsi untuk memasang kode track Google Analytics website kita. Cara ini sangat cocok untuk pemula, karena tidak perlu memasang kode track secara manual pada editor header.php

WP Pagenavi

Plugin WP Pagenavi akan berguna untuk menggantikan navigasi sistem halaman website yang default. Misalnya page 1 >> 2 >> dan seterusnya sampai beberapa halaman tergantung jumlah halaman artikel yang diinginkan.

Woocommerce

Plugin Woocommerce akan sangat berguna bagi website toko online yang menawarkan produk jualan. Plugin ini akan memberikan fitur yang digunakan untuk online shop,  layaknya situs e-Commerce profesional.

Broken Link Checker

Plugin ini berguna untuk memaksimalkan konten website, dengan cara mendeteksi broken link ( link rusak ) di website melalui notifikasi, sehingga kita dapat tahu letak broken link dan memperbaiki link rusak tersebut.

Demikian beberapa plugin wordpress penting yang bisa anda gunakan yang akan sangat berguna untuk memaksimalkan website, baik itu website baru maupun website lama.

20+ Plugin Wordpress Yang Paling Penting Bagi Website

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *