follow ehpedia.com di facebook follow ehpedia.com di twitter follow ehpedia.com di google plus

Panduan Mengatasi Ruam Popok pada Bayi Secara Praktis

Panduan Mengatasi Ruam Popok pada Bayi Secara Praktis

Bayi baru lahir memiliki kondisi tubuh yang masih rentan terhadap penyakit dan sejumlah gangguan kesehatan. Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh bayi adalah ruam popok. Kalau sudah mengalami ruam popok, kulit di sekitar pantat bayi akan memerah, terasa gatal, dan bengkak. Tidak jarang pula bayi jadi rewel saat kita membersihkan popok atau celananya.

Jangan resah dulu kalau menghadapi bayi yang mengalami ruam popok. Beberapa panduan berikut ini akan membantu kita mengatasi ruam popok secara praktis dan efektif :

Mengganti Popok Secara Teratur

Menggunakan popok berkualitas dengan daya serap tinggi bukan berarti membuat kita jadi malas mengganti popok. Kita tetap harus rutin mengganti popok bayi setiap beberapa jam sekali. Sehingga pipis bayi tidak membuat pantat bayi jadi lembap dan mengalami iritasi.

Membiarkan Bayi Tanpa Popok

Jangan terus-terusan mengandalkan popok untuk mengatasi pipis dan BAB bayi. Kulit bayi juga harus bernapas agar tidak lembap dan mengalami ruam. Sesekali kita mesti membiarkan bayi tidak menggunakan popok. Hal sederhana ini akan membuat kulit bayi bisa bernapas. Bayi pun akan aktif bergerak karena merasa nyaman tanpa menggunakan popok.

Jangan Menggunakan Bedak Bayi

Bedak bayi bukanlah solusi terbaik untuk ruam popok. Sebab bedak bayi malah bisa membuat kulit bayi semakin iritasi dan terasa perih. Gunakan produk khusus bayi untuk mengatasi ruam popok. Kalau kita sudah merasa kewalahan, maka sebaiknya kita segera berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengatasi ruam popok tersebut.

Membersihkan Pantat Bayi dengan Teliti

Saat mengganti popok, bagian pantat bayi dan sekitarnya harus dibasuh hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Kemudian gunakan handuk kering bertekstur lembut untuk mengeringkan tubuh bayi. Diamkan sejenak agar pantat bayi benar-benar kering sebelum kita memakaikan popok yang baru.

Ada satu hal penting mengenai ruam popok yang wajib kita perhatikan. Kita harus memakaikan setelan pakaian yang nyaman untuk bayi sehingga proses penggantian popok berlangsung lebih mudah. Pakaian tidur anak bayi lelaki atau bayi perempuan yang berkualitas tersedia secara lengkap di MatahariMall. Selain terbuat dari bahan yang lembut, pakaian tidur berkualitas biasanya juga dilengkapi karet yang elastis di bagia celana. Kita pun tidak perlu khawatir anak akan mengalami iritasi karena karet celana yang terlalu ketat. Pakaian bayi yang nyaman akan membuat anak leluasa bergerak. Risiko ruam popok pun bisa diminimalkan.

Panduan Mengatasi Ruam Popok pada Bayi Secara Praktis

di 27 December, 2016 - 16:23 dengan belum ada komentar

artikel terkait lainnya

0 komentar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!

Contact Form

Name

Email *

Message *